Kendaraan bermotor, seperti mobil, merupakan salah satu investasi penting yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Bagian dari perawatan tersebut adalah mencuci mobil dengan sampo mobil secara rutin atau sabun alternatif untuk cuci mobil.

Mencuci mobil akan memberikan kesan yang lebih baik secara estetika. Selain itu, melakukannya secara teratur juga akan membantu melindungi cat dan permukaan mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kotoran dan debu.

Tapi tidak semua orang tahu cara yang benar untuk mencuci mobil. Banyak yang masih belum tahu shampo mobil terbaik.

Bahkan ada yang tidak tahu cuci mobil pakai sabun apa. Jika Anda salah satunya, bawa mobil Anda ke jasa cuci mobil dari https://automobilindo-perkasa.co.id/.

Tips Mencuci Mobil dengan Sampo yang Benar

Namun jika Anda ingin mencuci mobil Anda sendiri di rumah, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Berikut penjelasannya:

1. Parkir Mobil di Tempat yang Tepat

Pilih tempat yang teduh dan bebas sinar matahari langsung untuk mencuci mobil. Parkir mobil di tempat yang luas, datar, dan aman agar tak ada risiko mobil bergeser saat dicuci.

Jika Anda tak punya tempat seperti ini, disarankan untuk membawa mobil ke jasa cuci mobil terdekat.

Pastikan juga tempat yang Anda pilih memiliki akses ke air bersih dan selang yang panjang untuk memudahkan proses pencucian. Akan lebih baik juga jika Anda memiliki semprotan air dengan tekanan yang kuat untuk menghilangkan kotoran yang menempel di mobil.

2. Lakukan Pra Proses untuk Menghilangkan Kotoran Berat 

Sebelum mulai mencuci mobil dengan sampo, sebaiknya lakukan praproses terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran berat.

Kotoran berat yang dimaksud di sini adalah lumpur atau serpihan besar dan kotoran lain yang bisa dibersihkan tanpa menggunakan sampo.

Gunakan air bertekanan rendah atau selang air untuk menyiram seluruh permukaan mobil dan menghilangkan kotoran kasar dan ringan seperti debu.

Hal ini akan membantu mencegah goresan atau kerusakan saat Anda mulai mencuci dengan menggunakan sampo mobil.

3. Pilih Sampo Mobil yang Tepat 

Langkah pertama dalam mencuci mobil adalah memilih sampo yang tepat untuk mobil Anda. Pastikan Anda menggunakan sampo khusus untuk mobil yang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan cat tanpa merusak lapisan pelindungnya.

Selain itu, sampo mobil mengandung zat yang dapat membantu melindungi permukaan mobil dari sinar UV, polusi, dan kerusakan akibat paparan lingkungan.

Penggunaan sampo khusus mobil akan membantu menjaga tampilan mobil Anda tetap bersih dan berkilau tanpa goresan.

Hindari menggunakan sampo rumah tangga atau deterjen yang keras. Jangan cuci mobil pakai rinso, sampo rambut, atau sabun cuci piring. Hal itu karena bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan cat mobil memudar atau kusam.

4. Ikuti Instruksi Penggunaan pada Kemasan Sampo Mobil

Baca dan ikuti instruksi penggunaan yang ada pada kemasan sampo mobil dengan seksama. Biasanya dalam instruksi penggunaan sampo mobil, Anda perlu mencampurkannya dengan air sebelum menggunakannya.

Pastikan untuk mengikuti takaran atau dosis yang pabrik anjurkan agar mendapatkan hasil pencucian yang optimal. Gunakan ember yang bersih dan bebas dari kotoran atau zat kimia lainnya untuk mencampur sampo dengan air. Aduk sampo sampai larut sempurna dalam air.

5. Cuci Mobil dari Atas ke Bawah 

Mulailah mencuci mobil dari atas ke bawah. Mulai dari bagian atap mobil dan turun ke bagian kap mesin, kaca depan, kap bagasi, sisi mobil, sampai bagian bawah mobil.

Hal ini Anda lakukan untuk mencegah kotoran dan deterjen mengalir kembali ke area yang sudah Anda bersihkan.

Kami sarankan untuk jangan pernah mencuci bagian bawah mobil terlebih dahulu. Hal itu karena kotoran dan kerikil yang ada di bagian bawah mobil bisa menyebabkan goresan saat mencuci bagian atas mobil.

Gunakan spons, kain mikrofiber, atau glove khusus mobil untuk menggosok permukaan mobil dengan gerakan melingkar. Pilih spons yang lembut dan hindari menggunakan kain kasar atau kuas yang bisa merusak cat dan lapisan permukaan mobil.

Itulah tips yang harus Anda perhatikan untuk mencuci mobil dengan sampo.

Dengan menggunakan sampo mobil yang tepat, Anda akan melindungi cat mobil serta menghasilkan tampilan yang bersih dan berkilau. Pastikan pula untuk mencuci mobil secara teratur.