Bagi Anda yang memiliki mobil, mungkin pernah mengalami warna mobil yang pudar atau munculnya bercak pada permukaan mobil. Hal tersebut bisa saja merupakan tanda cat mobil berjamur. Tidak banyak pemilik mobil yang menyadari bahwa cat body mobil bisa berjamur. 

Jamur pada permukaan cat mobil, tentu saja membuat mobil menjadi kurang sedap dipandang. Memberikan kesan kurang bersih pada mobil bahkan terlihat kotor dan lusuh. Namun, tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. 

Penyebab Cat Mobil Berjamur 

Penyebab umum cat mobil bisa berjamur adalah karena permukaan body mobil yang lembab. Ada sisa air yang berada di permukaan mobil bisa saja mengendap di dalam cat mobil. Karena tidak dikeringkan dengan benar atau tidak maksimal. 

Air ini bisa saja berasal dari air hujan ketika kendaraan mobil digunakan di cuaca hujan. Mungkin juga, sisa air habis mencuci mobil. Dengan begitu, kemungkinan cat mobil berjamur ini sebenarnya bisa dihindari dengan mudah. 

Caranya dengan melakukan pengeringan yang sempurna pada permukaan body mobil. Setelah mobil dicuci, terkena hujan, atau terkena air karena penyebab lain. Namun, seringkali pemilik mobil lupa dan terlewat melakukannya. 

Solusi Cat Mobil yang Berjamur 

Walaupun sudah berusaha melakukan tindak pencegahan dengan selalu mengeringkan mobil. Namun, ada kalanya pengeringan tetap tidak sempurna. Akhirnya, permukaan mobil masih lembab dan masih ada kemungkinan cat mobil berjamur. 

Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa solusi mudah bisa Anda lakukan. Mulai dari cara yang bisa Anda lakukan sendiri sampai dengan bantuan profesional: 

1. Bersihkan Permukaan Mobil dengan Alkohol 

Alkohol merupakan bahan yang umum digunakan untuk membersihkan banyak noda di berbagai jenis permukaan. Ternyata, bahan ini juga cukup efektif untuk digunakan di permukaan mobil. Untuk permukaan mobil, lebih baik menggunakan alkohol kadar tinggi. 

Kadar alkohol yang disarankan mulai dari 50% sampai 90% agar benar-benar efektif dalam membersihkan jamur. Cara menggunakannya mudah, Anda tinggal menuangkan sedikit alkohol pada kain microfiber. 

Kemudian, gosok kain tersebut pada area yang berjamur. Setelah satu sisi sudah hilang jamurnya. Tuang sedikit alkohol lagi untuk beralih ke bagian mobil lainnya. 

2. Gunakan Air Soda di Permukaan Mobil 

Tidak banyak orang yang menyangka, air soda merupakan pembersih yang ampuh. Khususnya untuk bagian-bagian kendaraan. Termasuk, untuk masalah cat mobil yang berjamur. 

Karena air soda memiliki kemampuan untuk membersihkan jamur dan menutupinya. Cara menggunakannya, kurang lebih sama dengan cara menggunakan alkohol. Menggunakan kain dan mengelap permukaan mobil sedikit demi sedikit. 

Jika dibandingkan dengan alkohol, air soda lebih disarankan untuk kondisi jamur yang belum terlalu parah. Karena air soda relatif lebih aman daripada alkohol dengan kandungan yang tinggi. 

3. Mengoleskan Pasta Gigi

Ternyata jamur pada cat mobil bisa diatasi dengan bahan sederhana dan mudah ditemukan yaitu pasta gigi. Cara menggunakannya pun tidak sulit, tingga oleskan pasta gigi dengan kain pada bagian mobil yang berjamur. 

Diamkan dulu selama 25 menit, baru dilap sampai permukaannya mengering. Anda bisa menggunakan merk pasta gigi apa saja untuk membersihkan jamur pada mobil. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan pasta gigi dewasa. 

Selain ukurannya lebih besar, jadi lebih cukup untuk membersihkan permukaan mobil. Kandungan fluoride dan pembersihnya lebih tinggi jadi lebih efektif. Terutama, pasta gigi dengan warna dasar putih. 

4. Cuci dengan Contact Wash 

Jika cara diatas sudah Anda lakukan dan terkesan kurang maksimal dalam menghilangkan jamur. Anda bisa langsung mencuci mobil di tempat yang profesional dengan metode contact wash. 

Penyedia jasa biasanya memiliki sikat dengan bulu khusus yang bisa membersihkan jamur di permukaan mobil. Selain itu, permukaan mobil jadi lebih bersih jika langsung ditangani oleh penyedia jasa cuci mobil yang profesional. 

Selain itu, Anda juga bisa menerima perawatan cat mobil. Hal ini untuk melindungi cat mobil dari kemungkinan berjamur lagi ketika digunakan. 

Anda bisa mendapatkan layanan untuk cat mobil berjamur dari automobilindo-perkasa.co.id Anda tinggal menemui kami di cabang bengkel terdekat dan mengkonsultasikan masalah permukaan mobil yang berjamur. Kami akan memberikan layanan yang sesuai kebutuhan.